Dua Tahun Usia Blog fxekobudi.net

fxekobudi-net.jpgTidak terasa bulan ini genap dua tahun usia blog saya. Ini adalah ulang tahun kedua blog saya lho.. 😀
Kemarin saya terinspirasi tentang bagaimana memaknai dua tahun situs blog saya.. Yaitu dengan menceritakan tentang bagaimana proses pembuatan blog ini saya lakukan, software yang saya gunakan, menentukan kategori situs blog ini, memasang artikel, menanggapi artikel, dan memperoleh inspirasi.

Proses Pembuatan Blog dan Maintenance
Pertama kali saya mencoba menggunakan wordpress.com untuk melihat struktur CMS wordpress, setelah itu saya mencobanya dengan download source wordpress dan menjalankannya secara lokal.

Software Yang Saya Gunakan
Daftar software yang saya gunakan sudah pernah saya tuliskan (dalam artikel fxekobudi.net Go Open Source), yang berubah hanya versi dan distro yang saya gunakan.

Menentukan Kategori Artikel
Kategori artikel pada blog ini saya buat berdasarkan minat dan ketertarikan saya. Yang semuanya bertujuan untuk mensharingkan, mengeluarkan “uneg-uneg”, dan berbagi pengalaman sehari-hari yang berkaitan dengan aktivitas dan pekerjaan saya. Sekaligus menyalurkan hobby dan impian-impian saya. Hehe… Ops, ada yang ketinggalan; yaitu membangun cv (curriculum vitae) online.

Memperoleh Inspirasi
Inspirasi tulisan di blog lebih sering berdasar pengalaman dan permasalahan yang sedang saya hadapi. Selain itu dari membaca berbagai informasi di internet, dari pertanyaan pengunjung blog saya, dsb. Filosofi FOSS dan kata-kata mutiara dari mereka yang ahli di bidang FOSS selalu memacu semangat saya.

Mengelola Artikel
Dalam hal mengelola artikel yang akan saya publikasikan, saya biasanya menuliskan draftnya terlebih dahulu di rumah. Sampai saat ini saya belum memiliki koneksi internet sendiri, masih numpang di tempat kerja saya (hehe).

Saya ingin mewujudkan impian-impian dalam 1 tahun ke depan yang akan saya sharingkan dalam blog ini, yang akan mengandung tags: FOSS, Linux, Drupal, laboratorium komputer, TIK di sekolah, alumni, website sekolah, blog guru, sarolangun…

Saya berharap blog ini dapat menjadi penyambung silahturahmi antara saya dan rekan-rekan. Terima kasih untuk Tuhan, untuk istri dan keluarga, pengembang open source software, rekan-rekan komunitas open source, komunitas WordPress, rekan-rekan blogger indonesia, rekan-rekan guru/karyawan dan siswa YBHK, semua rekan pengunjung blog saya..
Nge-blog membuka pikiran dan hati saya, saya menjadi lebih bergairah dalam berkarya dan berbagi… 😀