Halaman Guestbook WordPress Untuk Situs Saya

Dalam 2 bulan sejak saya meluncurkan situs ini, ternyata pengunjung situs saya banyak juga yang memberikan komentar melalui form kontak di situs saya, selain dari komentar pada artikel yang saya tulis. Dari isi komentar tersebut, saya melihat bahwa sebaiknya saya menambahkan fitur Buku Tamu di situs saya ini. So..Saya mencoba mencari plugin WordPress untuk Buku Tamu…Dan saya menemukan 2 plugin yang dapat digunakan untuk fitur Buku Tamu di WordPress, yaitu DMSGuestbook dan Guestbook-Generator. Setelah saya mencoba keduanya, saya lebih memilih Guestbook-Generator. Alasan utama saya adalah karena setelah berkali-kali mencoba DMSGuestbook ternyata ngga bisa jalan. Haha.. Dependensi untuk plugin ini adalah kita perlu menambahkan dan mengaktifkan plugin Exec-PHP yang memungkinkan untuk menulis tag PHP dalam halaman Guestbook yang kita buat. Tapi tetap saja setelah saya aktifkan keduanya, Buku Tamu yang saya nanti-nantikan ngga kunjung muncul.

Sedangkan plugin Guestbook-Generator instalasinya lebih mudah, meski saya melihat fiturnya lebih mirip ke komentar biasa yang nantinya akan sulit membedakan antara komentar di Buku Tamu atau komentar di artikel yang saya tulis. Tapi demi baiknya, lebih baik saya memilih salah satu daripada tidak sama sekali. Hehe.. Yang masih saya cari-cari adalah bagaimana agar comments di Buku Tamu ngga muncul di My Latest Comments saya. Karena Buku Tamu ngga punya kategori seperti posting artikel lainnya.Dan sebagai catatan, themes yang kita gunakan harus memiliki file single.php dan comments.php, agar proses Generate Guestbook bisa berjalan. Untuk menggunakan plugins Guestbook-Generator ini, langkah-langkah yang saya lakukan adalah:

  1. Download plugin Guestbook-Generator
  2. Upload dan extract plugin di direktory plugins situs WordPress saya
  3. Aktifkan plugin melalui menu Admin WordPress
  4. Jalankan perintah Generate Guestbook dari Menu Options-> Guestbook Generator. Ini nantinya akan membuat 2 file baru di direktori themes yang kita gunakan, yaitu file guestbook.php dan guestcomments.php
  5. Publish Guestbook
Tagged on: ,