Situs Blog WordPress Saya Terkini dan Impian Saya tentang Situs Blog Guru

Genap 6 bulan sudah saya membuat dan mengelola situs blog saya ini (http://fxekobudi.net), saya merasakan banyak hal baru yang membuat saya lebih bersemangat di sela-sela kesibukan saya, bahwa saya menemukan dan memperoleh teman-teman baru yang turut serta dalam perjalanan situs blog saya hingga saat ini. Dan lebih menggairahkan lagi, karena beberapa rekan kerja di tempat saya pun melakukan hal yang sama dengan saya, yang links dan aktivitas mereka saya sertakan dalam situs ini. Bulan lalu saya memperpanjang account shared hosting Linux untuk domain saya, dan saya bertekad untuk akan terus memperbaharui situs blog saya, sebagai wujud eksistensi (bahasa kerennya) dan impian saya untuk menjadi bagian dari komunitas blogger Indonesia, menjadi bagian dari komunitas rekan-rekan pemerhati Teknologi Informasi (TI), yang barangkali saja situs blog saya ini bisa memberikan sedikit kontribusi sesuai visi saya yang saya tuliskan sejak awal saya memulai situs blog ini. Kebahagiaan dan keberhasilan saya dengan situs blog saya ini adalah:

  1. Memperoleh banyak teman baru yang memiliki banyak kesamaan dan ketertarikan tentang TI dan segala permasalahannya.

  2. Memperoleh teman baru dari tanah kelahiran saya, Sarolangun (yang sebagian tinggal di luar Sarolangun).

  3. Saya bisa menemukan situs saya dari berbagai pencarian Google, tidak lagi sekedar menggunakan keyword nama saya saja.

  4. Sedikit banyak saya telah mencoba mewujudkan pesan Bapak dan Ibu saya (le, dadio uwong sing migunani tumraping liyan…)

Saya masih memiliki harapan dan impian sehubungan dengan situs blog, bahwa beberapa guru (khususnya guru komputer) di tempat saya bisa memiliki situs blog dengan domain mereka sendiri (mungkin dengan top domain .web.id yang diberikan gratis dari Depkominfo). Saya sangat tertarik dengan tulisan Mas Romi Satria tentang dosen nge-blog, semoga menjadi inspirasi bagi rekan-rekan guru komputer di tempat kerja saya. Saya ingin rekan-rekan guru komputer di tempat saya memiliki pengalaman webhosting dan membuat situs blog dengan Open Source Software (OSS), untuk memberikan gambaran betapa indahnya dunia open source (seperti yang sudah saya alami dan rasakan…). Semoga saja paling lambat awal tahun depan bisa terwujud, hingga saat kami launching website sekolah-sekolah di tempat kerja saya (Tarsisius 1, Damai, Tarsisius 2, Vianney, dan Tarsisius Vireta) pada awal tahun depan (Januari 2008), kami tidak lama sesudahnya dapat menambahkan links salah satu hasil karya guru, berupa situs blog guru. Tujuannya, supaya paling tidak eksistensi profil rekan-rekan guru di tempat saya mulai diketahui rekan-rekan komunitas guru di Indonesia (Kalau blog siswa kira-kira bisa ngga ya?). Untuk teknisnya, kami akan mempersiapkan domain bagi guru-guru tersebut, sebelum hari saat pelatihan dilaksanakan. Hanya saja, yang menjadi masalah adalah bagaimana caranya kami menjalin kerjasama dengan penyedia layanan webhosting untuk rekan-rekan guru tersebut. Jika saya boleh berharap dan bermimpi lebih, mungkin tidak ya bahwa Departemen Pendidikan Nasional (DepDikNas) bekerjasama Depkominfo menyediakan hosting gratis untuk guru-guru komputer? Tentunya dengan prosedur dan aturan tertentu. Saya sangat menyadari, bahwa biaya webhosting masih cukup mahal bagi rekan-rekan guru di tempat saya.

Oh ya, saya juga ingin sekali mengajak rekan-rekan alumni Ilmu Komputer Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (Ikom USD) dan adik-adik angkatan saya di Ikom USD untuk mulai membuat situs blog-nya sendiri-sendiri. Kita bisa saling mengetahui keberadaan satu sama lain, dan jalinan persaudaraan sebagai almamater Ikom USD tetap eksis. Barangkali perlu menambahkan URL website pada profil masing-masing alumni Ikom di situs utama kampus USD (ini sekedar saran saya lho. hehe…)

Kembali tentang situs blog wordpress saya, sampai saat ini saya menambahkan beberapa fitur yang menurut saya cukup baik. Minggu ini saya sudah upgrade situs blog saya ini dengan wordpress versi terbaru saat ini (WordPress 2.3.1). Sebenarnya proses upgrade tidak berjalan begitu mulus, karena saya baru berhasil setelah melakukannya 3 kali. Nampaknya ada beberapa perubahan terbaru dalam versi ini, berikut ini adalah daftar tabel database MySQL WordPress yang mengalami perubahan tersebut:

WordPress versi 2.2.x:

wp_comments
wp_links
wp_options
wp_postmeta
wp_posts
wp_terms
wp_term_relationships
wp_term_taxonomy
wp_usermeta
wp_users

WordPress 2.3.x:

wp_categories
wp_comments
wp_link2cat
wp_links
wp_options
wp_post2cat
wp_postmeta
wp_posts
wp_usermeta
wp_users

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengupgrade situs blog ini adalah:
1. Backup database situs
2. Backup file-file penting
3. Nonaktifkan semua plugins
4. Upload file source wordpress
5. Jalankan perintah upgrade

Berikut ini adalah referensi daftar plugins wordpress yang saya gunakan dalam situs ini (semoga dapat membantu rekan-rekan yang baru memulai membangun situs blognya):

  1. Akismet
  2. All in One SEO Pack
  3. Events Calendar
  4. cforms II – contact form
  5. Get Recent Comments
  6. Google Analytics for WordPress
  7. Google XML Sitemaps
  8. Guestbook Generator
  9. imp-download (kemungkinan akan menggantikan wp-download-manager yang saya gunakan
  10. MyBlogLog
  11. NextGEN Gallery (baru saya download source codenya)
  12. Popularity Contest
  13. Share This
  14. WordPress.com Stats
  15. SEO Title Tag
  16. TinyMCE-Advanced
  17. WP-Cache
  18. WP-DB-Backup
  19. WP-Email
  20. WP-Print
  21. WP-Stats
  22. WP-UserOnline
  23. KB Robots.txt
  24. WP-PostViews
  25. WP-DownloadManager

Dan fitur-fitur tersebut tetap akan saya perbaharui dan tambahkan dengan fitur baru seiring dengan berjalannya waktu.Sebelum menutup tulisan saya ini, saya ingin berterima kasih untuk semua rekan pengunjung situs saya yang telah menjadi teman dalam perjalanan saya hingga saat ini. Dan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk komunitas wordpress dunia, yang sudah memberikan cms wordpress secara gratis. Juga untuk komunitas wordpress Indonesia, yang sudah memberikan kesempatan untuk mempelajari wordpress menggunakan bahasa Indonesia. Semoga hari esok menjadi jauh lebih baik atas kebersamaan kita ini…

Tagged on: , ,

3 thoughts on “Situs Blog WordPress Saya Terkini dan Impian Saya tentang Situs Blog Guru