Website Sekolah dan Kesibukan Saya Saat Ini

Beberapa minggu ini saya bersama rekan-rekan di tempat kerja harus menguras pikiran lebih ekstra untuk sebuah perencanaan membangun portal website sekolah. Selain kesibukan dengan pelatihan TI, saat ini saya juga sedang mempersiapkan rancangan website sekolah yang lumayan kompleks. Rencananya, website tersebut untuk 20-an sekolah di tempat kerja saya. Dan harus lebih ekstra keras lagi, karena target penyelesaian semua website hanyalah 4 bulan dari sekarang. So, barangkali situs blog saya ini akan jarang saya update sampai awal tahun depan. Jadi harap maklum dan mohon maaf untuk rekan pengunjung dan pembaca. Hehe…

Dengan berlatar belakang tujuan utama sebuah website sekolah adalah untuk memberikan informasi dan pelayanan pendidikan kepada siswa dan orang tua siswa serta masyarakat umum. Untuk sebuah website sekolah yang baik, komponen apa saja yang mustinya ditampilkan? Pertanyaan besar ini selanjutnya saya cari jawabannya dengan cara berikut:

  • Goggling website sekolah-sekolah yang ternama.
  • Googling dengan kata kunci website sekolah terbaik.
  • Dari buku profil sekolah di tempat saya. Beruntung ada buku profil sekolah yang sangat lengkap isinya. Karena intinya adalah memindahkan profil sekolah dalam bentuk buku (offline) menjadi online, menggunakan media yang berbeda.
  • Melihat dari isi Pedoman lomba website sekolah tingkat Nasional oleh Departemen Pendidikan Nasional (DepDikNas) yang tiap tahun diselenggarakan dalam rangka peringatan hari pendidikan nasional.
  • Dari Pedoman Penyusunan Pelayanan Minimal Penyelenggaraan Persekolahan Bidang Pendidikan Dasar Dan Menengah yang diterbitkan oleh DepDiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Yang ini banyak banget memberikan inspirasi.
  • Panduan Penyelenggaran Website Pemerintah Daerah. Diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi . Khusus yang ini karena saya cari-cari Panduan Penyelenggaran Website Sekolah belum ada, jadi saya gunakan saja panduan ini untuk menambah inspirasi. Hehe… Barangkali perlu juga kita pikirkan bersama untuk membuat sebuah Panduan Penyelenggaran Website Sekolah. Ajakan ini terutama untuk adik-adik angkatan saya di Ikom USD , trus Panduannya dipasang di Website Ikom. Tujuannya supaya setelah lulus dan bekerja sebagai IT di sekolah, saat harus buat website sekolah, bisa mengunjungi almamaternya untuk download file Panduan Penyelenggaraan Website Sekolah. Seperti saya. Hehe…

Setelah eksplorasi dari sana-sini, dapat disimpulkan bahwa sebuah website sekolah terdiri dari komponen-komponen berikut: (Mudah-mudahan ini menjadi masukan juga bagi rekan-rekan alumni saya di Ikom USD yang kebetulan saat ini sedang merencanakan membangun sebuah website sekolah di tempat kerjanya. Barangkali membantu dalam membuat perencanaan isian tabel data untuk website sekolahnya)

  1. Profil Sekolah.
  2. Visi dan Misi Sekolah.
  3. Sistem pendidikan, kurikulum, dan program unggulan sekolah.
  4. Guru dan Karyawan serta Siswa.
  5. Agenda Kegiatan Sekolah.
  6. Informasi Terbaru (berita, pengumuman, PSB, undangan, dsb.)
  7. Isi yang berkaitan dengan Materi Pembelajaran. Termasuk publikasi sekolah.
  8. Sarana dan prasarana di sekolah.
  9. Galeri Sekolah.
  10. Aplikasi Forum, dimana orang siswa dan orang tua siswa dapat berinteraksi dengan pihak sekolah.
  11. Alumni sekolah. Akan lebih baik jika anggota Alumni ini mendaftar dulu, dan bukan model didaftarkan.
  12. Jaringan kerjasama sekolah.
  13. Kontak Sekolah. (Buku Tamu dan Form Kontak)
  14. Links dengan Website yang berhubungan dengan Pendidikan.

Fitur tambahan yang diperlukan diantaranya:

  • Dukungan terhadap 2 bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)
  • Domain Internetnya adalah .sch.id