Plugin CMS WordPress Tambahan Yang Terpasang di Blog Saya Tahun 2011

WordPress LogoSetelah beberapa lama saya tidak aktif lagi nge-blog, karena beberapa kesibukan baru saya 🙂 saat ini saya berencana menghidupkan kembali aktivitas blog saya. Tujuannya untuk berbagi pengalaman, informasi, dan harapan terkait misi blog saya ini 😀
Sebelum memulainya, langkah pertama saya adalah mengupgrade dan merapikan engine blog, supaya kelihatan lebih nyaman dibaca. Langkah selanjutnya mencari lagi daftar plugin wordpress untuk menambah fungsional dan fitur blog.

Setelah mencari dari daftar plugin wordpress, berikut ini adalah daftar plugin wordpress yang saya tambahkan di blog saya tahun ini:

  • AddThis Social Bookmarking Widget. Bantuan pengunjung blog untuk mempromosikan situs blog kita. Widget AddThis Social Bookmarking memungkinkan setiap pengunjung untuk bookmark situs blog dengan mudah dengan layanan populer.
  • Broken Link Checker. Plugin ini akan mengecek blog untuk link yang rusak dan gambar hilang dan memberitahu kita pada dashboard jika ada ditemukan.
  • Enhanced Text Widget. Plugin ini menyediakan widget yang mendukung teks, HTML, JavaScript, Flash dan/atau PHP sebagai konten dengan judul widget linkable.
  • Google Custom Search. Plugin ini menggunakan Search Engine Google untuk mencari isi situs blog kita. Plugin ini memberi pilihan untuk menampilkan hasil pencarian Google di salah satu dari tiga format. 1) Sebagai pop-up dialog. 2) Dalam widget 3) Dalam area yang kita tentukan.
  • GTranslate. Mendapatkan terjemahan Google Translate dengan satu klik dalam puluhan bahasa pada situs web blog kita. Untuk dukungan kunjungi GTranslate Forum.
  • WP-Optimize. Plugin ini membantu untuk menjaga database blog bersih dengan menghapus revisi pos dan spam. Memungkinkan kita untuk mengubah nama admin juga. Selain itu, memungkinkan kita untuk menjalankan perintah mengoptimalkan pada tabel inti wordpress kita (gunakan dengan hati-hati).
  • WP-Syntax. Sintaks menggunakan GeSHi dan mendukung berbagai bahasa pemrograman populer. Bungkus kode blok dengan <pre line=”1″> lang=”LANGUAGE” dan </ pre> dimana LANGUAGE adalah sintaks bahasa pemrograman yang didukung geshi. Atribut line adalah opsional.
  • WP-UserAgent. User-Agent sederhana untuk deteksi plugin yang memungkinkan kita dengan mudah menyisipkan ikon dan/atau web browser tekstual dan rincian sistem operasi dengan komentar masing-masing pengujung blog.
  • WP Render Blogroll Links. Output Blogroll link ke Page atau Post. Plugin ini memungkinkan untuk membuat halaman Link sendiri tanpa harus menulis output template.

Semoga saja rencana saya untuk nge-blog lagi benar-benar terwujud 🙂 Terima kasih atas dukungan dari rekan-rekan pengunjung blog saya 😀