Upgrade WordPress 2.5 dan Daftar Plugins WordPress 2.5 pada Blog Saya

fxekobudi-net.jpgSetelah beberapa waktu lalu wordpress meluncurkan versi terbarunya, saya pun tertarik untuk mengupgrade engine situs blog saya menggunakan wordpress versi 2.5. Tujuan utama saya selain untuk merasakan fitur baru wordpress 2.5, salah satunya adalah dalam rangka memperingati 1 tahun usia situs blog ini pada bulan depan (Mei 2008).
Proses upgrade berjalan dengan mulus tanpa permasalahan yang berarti, hanya beberapa plugins yang harus saya sesuaikan dengan versi terbaru wordpress ini.
Apa yang baru dan menarik dari wordpress 2.5? Kesan pertama yang saya dapatkan adalah kemudahan (user friendly), fungsionalitas, dan kecepatan. Untuk dokumen resminya, silahkan dibaca dari wordpress.org tentang wordpress 2.5.
Langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengupgrade situs blog saya menggunakan wordpress 2.5 adalah:

  1. Backup database situs, saya menggunakan phpmyadmin dari control panel shared hosting yang saya gunakan.
  2. Backup file-file penting. Diantaranya adalah wp-config.php dan themes.
  3. Buat file index.html dan diletakkan di root direktori domain web, yang menginformasikan bahwa situs sedang dalam maintenance.
  4. Nonaktifkan semua plugins.
  5. Hapus direktori wp-admin dan wp-includes. Saya juga menghapus file dalam root direktori web server. Yang tersisa hanyalah direktori wp-content dan file wp-config.php.
  6. Upload file source wordpress menggunakan FTP client favorit.
  7. Jalankan perintah upgrade.

Dengan harapan semoga dapat menambah daftar plugins wordpress bagi rekan-rekan pengunjung yang kebetulan baru memulai membangun situs blog menggunakan wordpress 2.5, berikut adalah daftar plugins wordpress 2.5 (selain plugins bawaan source wordpress 2.5) yang saya gunakan dalam situs ini (sampai April 2008). Dengan catatan, versi yang pada links merupakan yang terakhir, silahkan membaca Readme.txt masing-masing plugins untuk melihat kompatibilitasnya.

  1. All in One SEO Pack. Untuk mengatur SEO (Search Engine Optimization).
  2. cforms. Menampilkan form kontak, bisa berupa widget atau halaman kontak. Mendukung fitur konfigurasi berbagai style form, penambahan field, anti spam yang dapat dikustomisasi, dan fitur ajax.
  3. Easy Gravatars. Menampilkan gravatars pengunjung yang memberikan komentar. Meski wordpress 2.5 sudah menyertakan fitur ini secara otomatis, plugins ini akan membantu memudahkan mengatur gravatars tersebut, karena kita tidak perlu merubah file-file themes yang kita gunakan. Memiliki fitur pengaturan ukuran dan rating gravatars, dan dapat menggunakan gravatars lokal jika pengunjung belum memiliki gravatars. Jika ada yang bertanya apa itu gravatars? Silahkan berkunjung ke gravatars.com.
  4. Get Recent Comments. Menampilkan komentar pengujung, dengan templates yang dapat dirubah sesuai kebutuhan kita.
  5. Google Analyticator.
  6. Google XML Sitemaps. Digunakan untuk membuat sitemap pada situs blog. Untuk melihat demonya dalam situs ini, silahkan klik -> sitemap. Yang penting lagi, tambahkan path URL sitemap tersebut saat mengelola publikasi situs menggunakan Google Webmaster Tools.
  7. Guestbook Generator.
  8. Executable PHP widget . Memungkinkan memasukkan kode PHP dan mengeksekusinya dalam widget.
  9. Popularity Contest. Menampilkan popularitas artikel. Memiliki fitur menampilkan artikel populer berdasarkan kategori, berdasarkan bulan/tahun. Pada versi terakhir yang saya gunakan, ada sedikit perubahan yang harus dilakukan (karena error saat diaktifkan), yaitu baris 59, jika semula terdapat kode: (‘../../wp-blog-header.php’); silahkan diganti dengan kode: (‘/../wp-blog-header.php’);
  10. ShareThis. Salah satu fitur social web.
  11. stats. Menampilkan statistik keseluruhan blog menggunakan resource server wordpress.com. Jika pada situs wordpress.com dapat ditampilkan hits dengan hanya mengaktifkan widget stats, tapi sampai saat ini saya belum menemukan cara untuk menampilkan hits tersebut pada situs ini. Ada yang mau membantu?
  12. TinyMCE Advanced. Plugins yang wajib digunakan sebagai WYSWYG editor dalam setiap penulisan/edit artikel.
  13. wp-automatic-upgrade. Plugin ini menambahkan fitur upgrade otomatis menggunakan FTP/SSH langsung dari bagian administrasi CMS -> Plugins.
  14. wp-cache. Menyimpan halaman web dalam chace.
  15. wp-email. Menampilkan fitur pengiriman artikel melalui email.
  16. WP-Print. Menampilkan fitur pencetakan artikel.
  17. WP-Stats.
  18. WP-UserOnline. Menampilkan jumlah user yang sedang online, dapat juga dikonfigurasi untuk melihat siapa saja yang online.
  19. KB Robots.txt.
  20. WP-PostViews. Menampilkan jumlah berapa kali sebuah artikel dibaca/dilihat.
  21. WP-DownloadManager. Digunakan untuk membuat halaman download. Memiliki fitur templates, penambahan file dari administrasi downloads, pilihan akses downloads, hits downloads, dan widget Most Downloaded/Recent Downloads.
  22. WordPress Related Posts.
Tagged on: , ,

23 thoughts on “Upgrade WordPress 2.5 dan Daftar Plugins WordPress 2.5 pada Blog Saya

  1. ihwan

    Wah maksud jalankan perintah upgrade itu seperti apa ya Mas? (yg di point 7) apa otomatis ada ketika kita akses index.php-nya WP? atau di FTP-nya *mau upgrade juga nih, kalo blog baru yg pake WP 2.5 udah ada tapi yg upgrade blm coba*

    oh iya btw kalo dbase yg udah di backup tadi cara masukinnya tinggal import aja y d phpmyadmin?

    Mohon bantuannya. Thx

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Menggunakan link URL: http://nama-domain/wp-admin/upgrade.php Mas.. Ya, import database menggunakan phpmyadmin (meski saya tidak perlu melakukannya, karena semua berjalan lancar). Backup hanya untuk mengantisipasi kemungkinan kegagalan upgrade Mas.. :D

  2. Klaten Online

    Mau tanya mas, saya coba pasang plugin kok tidak tampil di dalam website saya ya… apa perlu tambahan script pada template or atau mesti online juga alias gak bisa di server lokal?
    mohon bantuannya, makasih.
    Salam.
    KlatenOnline

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Plugins apa yang dimaksud Mas? Memang beberapa plugins membutuhkan penambahan scripts pada template, untuk mengatur dimana meletakkannya. Dan tidak harus online kok Mas.. :D Saya biasa mencoba plugins tersebut dari web server lokal.

  3. Shin

    Masss, boleh mminta tlng
    gimana cara bwat (database server, DHCP Server, terus cara pke fedora 8 jadi server dg client win XP) di fedora 8!!

    aq msh newbie pake linux — baru pertama kali pake, nyobain fedora 8!!

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Database server sudah pernah saya tuliskan artikelnya Mas.. Rencana saya akhir bulan ini menulis NFS dan DHCP server di Linux, kemungkinan menggunakan Fedora 9. Menggunakan client windows tidak masalah kok Mas.. Protokolnya khan sama.. :D

  4. indra

    salam kenal mas, boleh tau theme yg digunakan sekarang namanya apa ? bisa di download dimana mas ? krn saya suka model theme nya, theme ini juga banyak digunakan oleh orang2 hebat kayak mas eko ini .. hehe.. misalnya mas Romi Satria Wahono, dan byk lagi.

    boleh dong link download themenya ..

    terima kasih

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Salam kenal juga Mas Indra.
    Terima kasih sekali atas kunjungannya ke blog saya.. :D
    Terima kasih juga atas pujiannya Mas, tapi saya tidak hebat kok Mas, apalagi jika dibandingkan Mas Romi, wah saya tidak ada apa-apanya Mas.. Hehe.. Saya banyak belajar dari beliau (Mas Romi). Saya hanya berharap menjadi bagian dari rekan-rekan di Indonesia yang mengisi waktu luangnya untuk berbagi (sharing) dan bercerita tentang kesukaannya.

    Theme WordPress yang saya gunakan sekarang adalah Newsblue yang dibuat oleh BlogohBlog dan sudah saya ubah sedikit dari aslinya. Oh ya, di bagian footer blog saya juga saya sertakan linksnya kok..

  5. dani

    tulisan ttg plugin sptnya memang tulisan wajib bloger wp :) kepake semua ya mas..yg all in one seo ada yg rekomen pake headspace 2 ktnya…

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Thanks atas infonya ya Mas.. :D Kebetulan baru cari-cari plugin yang mau saya instal

  6. sukolaras

    Barusan saya download plugin user online di sini, lalu gimana menaruh di blog saya (wordpress 2.5), masih bingung nih

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Blog numpang di wordpress.com atau domain sendiri Mas? Untuk yg numpang memang tidak bisa instal plugin kok.. :D

  7. Free Download99

    Salam kenal, saya baru saja mempelajari tentang WordPress dgn hosting gratisan. Rencananya saya mau mengimport dari Blog saya. Klo saya tetap mempertahankan blog yg lama, apakah WordPress saya di katakan cloning dan mempengaruhi SEO??

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Sepertinya sih tidak Mas.. (backup?) Tapi sebaiknya sih salah satu saja, blog yang lama bisa digunakan untuk tulisan lainnya.

  8. backlinks

    First of all congratulation for such a great site. I learned a lot reading article here today. I will make sure i visit this site once a day so i can learn more.

  9. dolly

    slm knl mas,, saya mau nanya.. saya buka warnet dengan ISP indosat,, jaringan lokal untk warnet dah konek semua tapi untuk akses internet ga bisa.. gimana mas cara settingannya agar client bisa internet?? sekarang hanya 1 komputer server aja yg bisa akses internet,, OS yg saya pake XP, gmn cara settingan pada server saya agar client jg bisa akses internet..
    makasih…

  10. rudolf

    Hai mas.. salam kenal
    saya saat ini belajar membuat website. Bagaimana cara untuk menampilkan komentar pengunjung website kita, di website tersebut? (seperti punya mas Eko, kita bisa membaca komentar pengunjung situsnya)

    Code program apa yg pas, dan di sisipkan dimana ya mas..

    Terimakasih atas bantuannya

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Untuk komentar bagian mana Mas maksudnya? Mungkin bisa diperjelas. Jika menggunakan wordpress, otomatis ada bagian untuk komentar pada setiap artikel kita..

  11. Farid

    maaf saya masih agak awam tentang wordpress.org.
    Gimana sih cara memasang aplikasi wordpress dari wordpress.org?

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Maksudnya plugin ya Mas? Silahkan upload dan ekstrak di lokasi wp-content/plugins dari engine wordpress.org blog Mas Farid. Setiap plugin pasti ada panduan cara instalasinya-nya kok.. :D

  12. hakim

    ada yang tau cara instal plugin di wordpress terbaru ga’? semisal statistic,themes dll kalo ada yang mau membantu kirimin dong tutorialnya di hakimeffeni[at]gmail[dot]com. please help me

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Silahkan dibaca pada README source plugin wordpress tersebut Mas.. Selalu disertakan cara instalasinya kok.. :D Ekstrak dulu source-nya.

  13. miko

    Gimana ya caranya menampilkan blog stats “Total Pengunjung” di wordpress….??kalau yang gratisan sudah ada, tapi kalau install sendiri koq ga ada??kalau ada apa nama pluginnya….???

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Saya juga belum menemukannya sampai sekarang Mas.. :D

  14. bodro

    mas, bagus sekali content webisite Anda. cukup membantu saya memperoleh informasi. bisakah saya meminta template ini? karena saya tidak menemukannya di blognya bob. matur nuwun…

  15. herfia.com

    Great……mari kita share….
    Barangkali mau ganti theme aku penyedia custom theme.
    High Quality theme for wordpress, joomla and drupal

    - Fast Loading Theme
    - Optimize CSS
    - Optimize Javascript
    - Optimize Image
    - Custom Layout
    - SEO friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>