Upgrade WordPress 2.5 dan Daftar Plugins WordPress 2.5 pada Blog Saya

fxekobudi-net.jpgSetelah beberapa waktu lalu wordpress meluncurkan versi terbarunya, saya pun tertarik untuk mengupgrade engine situs blog saya menggunakan wordpress versi 2.5. Tujuan utama saya selain untuk merasakan fitur baru wordpress 2.5, salah satunya adalah dalam rangka memperingati 1 tahun usia situs blog ini pada bulan depan (Mei 2008).
Proses upgrade berjalan dengan mulus tanpa permasalahan yang berarti, hanya beberapa plugins yang harus saya sesuaikan dengan versi terbaru wordpress ini.
Apa yang baru dan menarik dari wordpress 2.5? Kesan pertama yang saya dapatkan adalah kemudahan (user friendly), fungsionalitas, dan kecepatan. Untuk dokumen resminya, silahkan dibaca dari wordpress.org tentang wordpress 2.5.
Langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengupgrade situs blog saya menggunakan wordpress 2.5 adalah:

  1. Backup database situs, saya menggunakan phpmyadmin dari control panel shared hosting yang saya gunakan.
  2. Backup file-file penting. Diantaranya adalah wp-config.php dan themes.
  3. Buat file index.html dan diletakkan di root direktori domain web, yang menginformasikan bahwa situs sedang dalam maintenance.
  4. Nonaktifkan semua plugins.
  5. Hapus direktori wp-admin dan wp-includes. Saya juga menghapus file dalam root direktori web server. Yang tersisa hanyalah direktori wp-content dan file wp-config.php.
  6. Upload file source wordpress menggunakan FTP client favorit.
  7. Jalankan perintah upgrade.

Dengan harapan semoga dapat menambah daftar plugins wordpress bagi rekan-rekan pengunjung yang kebetulan baru memulai membangun situs blog menggunakan wordpress 2.5, berikut adalah daftar plugins wordpress 2.5 (selain plugins bawaan source wordpress 2.5) yang saya gunakan dalam situs ini (sampai April 2008). Dengan catatan, versi yang pada links merupakan yang terakhir, silahkan membaca Readme.txt masing-masing plugins untuk melihat kompatibilitasnya.

  1. All in One SEO Pack. Untuk mengatur SEO (Search Engine Optimization).
  2. cforms. Menampilkan form kontak, bisa berupa widget atau halaman kontak. Mendukung fitur konfigurasi berbagai style form, penambahan field, anti spam yang dapat dikustomisasi, dan fitur ajax.
  3. Easy Gravatars. Menampilkan gravatars pengunjung yang memberikan komentar. Meski wordpress 2.5 sudah menyertakan fitur ini secara otomatis, plugins ini akan membantu memudahkan mengatur gravatars tersebut, karena kita tidak perlu merubah file-file themes yang kita gunakan. Memiliki fitur pengaturan ukuran dan rating gravatars, dan dapat menggunakan gravatars lokal jika pengunjung belum memiliki gravatars. Jika ada yang bertanya apa itu gravatars? Silahkan berkunjung ke gravatars.com.
  4. Get Recent Comments. Menampilkan komentar pengujung, dengan templates yang dapat dirubah sesuai kebutuhan kita.
  5. Google Analyticator.
  6. Google XML Sitemaps. Digunakan untuk membuat sitemap pada situs blog. Untuk melihat demonya dalam situs ini, silahkan klik -> sitemap. Yang penting lagi, tambahkan path URL sitemap tersebut saat mengelola publikasi situs menggunakan Google Webmaster Tools.
  7. Guestbook Generator.
  8. Executable PHP widget . Memungkinkan memasukkan kode PHP dan mengeksekusinya dalam widget.
  9. Popularity Contest. Menampilkan popularitas artikel. Memiliki fitur menampilkan artikel populer berdasarkan kategori, berdasarkan bulan/tahun. Pada versi terakhir yang saya gunakan, ada sedikit perubahan yang harus dilakukan (karena error saat diaktifkan), yaitu baris 59, jika semula terdapat kode: (‘../../wp-blog-header.php’); silahkan diganti dengan kode: (‘/../wp-blog-header.php’);
  10. ShareThis. Salah satu fitur social web.
  11. stats. Menampilkan statistik keseluruhan blog menggunakan resource server wordpress.com. Jika pada situs wordpress.com dapat ditampilkan hits dengan hanya mengaktifkan widget stats, tapi sampai saat ini saya belum menemukan cara untuk menampilkan hits tersebut pada situs ini. Ada yang mau membantu?
  12. TinyMCE Advanced. Plugins yang wajib digunakan sebagai WYSWYG editor dalam setiap penulisan/edit artikel.
  13. wp-automatic-upgrade. Plugin ini menambahkan fitur upgrade otomatis menggunakan FTP/SSH langsung dari bagian administrasi CMS -> Plugins.
  14. wp-cache. Menyimpan halaman web dalam chace.
  15. wp-email. Menampilkan fitur pengiriman artikel melalui email.
  16. WP-Print. Menampilkan fitur pencetakan artikel.
  17. WP-Stats.
  18. WP-UserOnline. Menampilkan jumlah user yang sedang online, dapat juga dikonfigurasi untuk melihat siapa saja yang online.
  19. KB Robots.txt.
  20. WP-PostViews. Menampilkan jumlah berapa kali sebuah artikel dibaca/dilihat.
  21. WP-DownloadManager. Digunakan untuk membuat halaman download. Memiliki fitur templates, penambahan file dari administrasi downloads, pilihan akses downloads, hits downloads, dan widget Most Downloaded/Recent Downloads.
  22. WordPress Related Posts.
Tagged on: , ,