Forum Online dengan CMS SMF

CMS Open Source SMFSMF (Simple Machines Forum) merupakan aplikasi CMS untuk membuat forum di Internet. Berikut ini merupakan pengalaman saya dalam membuat forum menggunakan CMS SMF pada situs biro Sarana Yayasan Bunda Hati Kudus tempat saya bekerja ). Artikel ini ujicobanya saya lakukan dirumah. Source paket installernya bisa di-download dari situs resmi smf (http://www.simplemachines.org/download/). Untuk saat ini versi stable yang disediakan adalah versi 1.1.2, dalam format tar.gz, zip, tar.bz2. Source tarbal (tar.gz) yang perlu di-download yaitu smf_1-1-2_install.tar.gz dansmf_1-1-2_indonesian.tar.gzuntuk paket languages berbahasa Indonesia.

Kebutuhan sistem:

  • PHP dan MySQL.
  • Web server (Apache) sudah berjalan dengan baik dan Directory Indexnya dapat mengenali ekstension php, php4, php5 (Tentang membuat webserver ini akan saya tulis dalam artikel selanjutnya).
  • Database server (mysql server) sudah berjalan dengan baik.
  • User dan password untuk akses ke database MySQL.

Sistem yang saya gunakan:

  • domain = (untuk Anda yang tidak membuat domain dapat menggunakan localhost)
  • root direktori web server (untuk forum saya)= /var/www/html/smf

Langkah-langkah awal yang saya lakukan adalah:

1. ekstrak source smf_1-1-2_install.tar.gz ke direktori root web server

[root@ibm-eko fxekobudi]# tar zxvf <strong>smf_1-1-2_install.tar.gz /var/www/html/

2. saya merubah nama direktori hasil ekstrak menjadi smf agar lebih sederhana:

[root@ibm-eko fxekobudi]# mv smf_1-1-2 smf

3. Ekstrak source untuk menggunakan format Bahasa Indonesia

4. membuat database mysql untuk forum menggunakan phpMyAdmin (lihat artikel saya tentang Instalasi phpMyAdmin), nama databasenya smf. Untuk akses ke database saya buat user admin dan password linuxer (jangan menggunakan user root karena akan berbahaya, kecuali hanya untuk uji coba saja).

5. Rubah permission untuk direktori dan file berikut agar writable oleh user dan grup yang menjalankan webserver (konfigurasi saya pada httpd.conf: user apache dan group apache): attachments, avatars, Packages, Packages/installed.list, Smileys, Themes, agreement.txt, Settings.php, Settings_bak.php

[root@ibm-eko fxekobudi]# chown apache.apache [file/direktori]
[root@ibm-eko fxekobudi]# chmod 755 [file/direktori]

Proses instalasinya sederhana dan meliputi 4 tahap (berbasis web menggunakan SMF Installer):

1. buka browser, ketikkan URL

2. Basics settings (konfigurasi dasar): Nama forum, URL untuk forum, Gzip output (Anda perlu menyesuaikan dengan fitur/ekstension pada web server yang digunakan, dalam konfigurasi saya Apache dan PHP dapat mengambil modul ini. Dalam konfigurasi konfigurasi anda pastikan bahwa PHP mendukung modul gzip), UTF-8

3. MySQL server settings (Konfigurasi MySQL server yang digunakan):

  • hostname (nama host dimana MySQL berjalan)
  • Username (nama user yang mempunyai hak akses ke MySQL server)
  • Password (password user MySQL di atas)
  • nama database MySQL (yang akan digunakan oleh SMF)
  • Database Prefix (prefix/awalan dari setiap tabel database, jangan menggunakan prefix yang sama pada 2 forum)

4. Membuat account administrator forum. Account ini akan digunakan sebagai account administrator yang mengelola SMF forum. Disini yang harus dimasukkan adalah:

  • username (nama user administrator forum)
  • password (password untuk user administrator)
  • email (email valid)
  • password MySQL untuk membuat account ini.

Instalasi berhasil dan Anda perlu untuk menghapus file install.php (bisa dari saat intalasi selesai atau dengan menggunakan command berikut:

rm /var/www/html/smf/install.php

Selanjutnya Anda dapat langsung melihat hasilnya dengan menggunakan URL yang digunakan dalam proses intalasi (dalam konfigurasi ini: http://www.forum.local)

Setelah itu login dengan menggunakan user Administrator Forum untuk mengelola berbagai konfigurasi yang disediakan oleh SMF pada forum baru kita. Konfigurasi yang dapat dilakukan diantaranya adalah themes, bahasa, perilaku forum, dsb.

Tagged on: