Website Alumni Sekolah dan Kategori TIK di Sekolah

Dalam tulisan saya tentang website sekolah dan kesibukan saya saat ini, salah satu komponen yang sebaiknya diadakan untuk sebuah website sekolah adalah komponen alumni sekolah. Komponen ini selanjutnya saya perluas menjadi sebuah website alumni sekolah, karena ternyata setelah eksplorasi dari berbagai sumber, peranan website alumni sekolah cukup penting. Sehingga keberadaan website alumni sekolah patut dipertimbangkan bagi pihak sekolah. Ada banyak pertanyaan yang muncul dari sebuah perencanaan membangun website alumni sekolah:

  1. Apa sebenarnya maksud perlunya (tujuan) website alumni sekolah?
  2. Bagaimana cara membangun website alumni sekolah?
  3. Komponen apa saja yang diperlukan dalam website alumni sekolah?
  4. Bagaimana membentuk tim website alumni sekolah?
  5. Bagaimana caranya menjaga eksistensi website alumni sekolah?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, saya ingin memperkenalkan kategori baru dalam situs saya, yaitu TIK di Sekolah. Istilah TIK sendiri merupakan singkatan terjemahan dari Teknologi Informasi Komunikasi (Information Comummnication Technology – ICT). Karena selama ini saya bekerja di sebuah lembaga pendidikan (sekolah) rasanya perlu juga menambahkan kategori tersebut. Barangkali menjadi sharing perjalanan saya sebagai TI di sekolah. Karena saya melihat peranan TI di sekolah saat ini sudah mendapat banyak perhatian pemerintah (buktinya ada lomba website sekolah dan ada mata pelajaran TIK di sekolah dari DepDiknas). Kenapa tidak kategori TIK di Pendidikan? Bagi saya TIK dunia pendidikan terlalu luas cakupannya, karena meliputi pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Dan menurut saya, TIK di sekolah pun memiliki cakupan yang sangat luas. Impian saya dalam istilah kerennya adalah menjadi salah satu pemerhati TIK di sekolah Indonesia (boleh khan? hehe…)

Kembali ke pembicaraan tentang website alumni sekolah, dari pendapat beberapa rekan saya dan dari sebagian alumni sebuah sekolah yang sekolahnya sudah membuat website untuk alumni-nya, serta dari Googling, saya menyimpulkan bahwa peranan sebuah website alumni sekolah diantaranya adalah:

  1. Tetap terjalinnya tali silahturahmi antara siswa yang sudah menjadi alumni dengan pihak sekolah.
  2. Memungkinkan kerjasama antara alumni sekolah yang sudah berhasil.
  3. Melihat profil alumni sekolah yang lainnya.
  4. Sesama alumni dapat melihat dan menemukan keberadaan rekan-rekannya satu sama lain.
  5. Alumni dapat mengetahui perkembangan terbaru tentang sekolahnya dulu.

Meski hanya merupakan salah satu komponen yang perlu diadakan, tidak berlebihan jika disimpulkan bahwa keberadaan website alumni sekolah sangat penting. Sebagai gambaran saja, bahwa sekolah yang bagus pastinya ada banyak aktivitas dalam website alumninya. Alumni memiliki kerinduan untuk melihat sekolahnya dahulu, dan saling berbagi pengalaman dan cerita dengan alumni lainnya.
Dari sekian banyak peranan tersebut, saya melihat cukup banyak website alumni sekolah yang malahan dibangun oleh alumni itu sendiri, bukan sebuah fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah. Salah satu alasannya kenapa demikian adalah kesibukan sekolah dengan berbagai aktivitas pelajaran dan mahalnya biaya pembuatan website, selain karena kurangnya atau bahkan belum adanya staf IT di sekolah tersebut. Beruntung bahwa saya saat ini bisa menemukan links website alumni sekolah saya dahulu. Jika situasinya demikian, apa yang harus dilakukan pihak sekolah untuk membangun website alumni? Ada 3 solusi yang saya pikirkan:

  1. Mengajak alumni untuk membuatkan website.
  2. Menggunakan jasa perusahaan pembuat website.
  3. Membuat sendiri website tersebut. Dunia Open Source menawarkan solusi yang sangat luar biasa, ada banyak software CMS open source yang dapat dipilih dan digunakan gratis. Inilah salah satu alasan kenapa saya sangat menghormati dan menghargai komunitas open source. Beberapa contoh CMS yang telah banyak digunakan adalah Joomla, Drupal, Plone, WordPress, dan banyak lagi lainnya yang dapat Anda lihat dari Open Source CMS Software.

Dan setelah dipilih salah satu dari ketiganya, kemudian perlu dipikirkan lagi komponen apa yang harus ada di website alumni sekolah? Untuk menjawab pertanyaan ini, caranya adalah bertanya dan berdiskusi dengan alumni sekolah. Dan untuk menambah referensi, baik juga jika Googling dengan keyword Website Alumni Sekolah. Dan jawaban untuk pertanyaan lainnya dapat rekan-rekan temukan setelah kami melaunching website alumni sekolah di tempat kerja saya…