CD Ubuntu 7.10 Gratis dari ShipIt Ubuntu

Logo UbuntuKemarin siang saya mendapat paket dari ShipIt Ubuntu berisi 2 CD Ubuntu 7.10 (Gutsy Gybbon), setelah saya mencoba memesan melalui CD Shipit bulan Oktober yang lalu. Kurang dari 1 bulan saya sudah mendapatkan pesanan tersebut. Dan semuanya GRATIS, termasuk ongkos kirimnya. Alasan pertama saya adalah mencoba disto Linux yang sangat banyak penggunanya dan terkenal dengan dukungan komunitas dan promosi yang luar biasa, bahkan saya menemukan panduan berbahasa Indonesia tentang Ubuntu di Komunitas Ubuntu Indonesia. Alasan kedua adalah untuk membuktikan dukungan promosi Ubuntu yang akan mengirimkan paket CD gratis kepada kita. Dan alasan ketiga adalah mengenali distro Linux yang terdapat versi untuk Pendidikan (Edubuntu), rasanya cocok sekali bagi laboratorium komputer di sekolah. Meski banyak distro, tetapi tetap dalam satu keluarga besar (keluarga Linux). Dan ternyata, tiga hal tersebut sangat benar. Saya salut untuk komunitas Ubuntu!
Semboyan Ubuntu, Linux for Human Beings menjadi ketertarikan tersendiri bagi saya untuk mempelajarinya. Dengan demikian, Linux tidak saja digunakan oleh komunitas IT, tetapi semua orang sebagai Sistem Operasi di PC desktop, Laptop, Server, dan sebagainya…

CD yang saya peroleh dapat digunakan dalam 3 bentuk (dijelaskan pada cover CD):

  1. Ubuntu Live CD, sudah dapat digunakan tanpa harus menginstal di laptop saya. Jika mau mencoba, booting saja PC dengan urutan boot pertama pada CDROM. Trus saat muncul pilihan start Ubuntu, pilih yang pertama… Wow, desktopnya indah banget…
  2. Ubuntu Installer, digunakan untuk menginstal Ubuntu di PC, langkahnya, setelah menjalankan Live CD, tinggal klik icon Install pada desktop.
  3. Untuk mencoba Windows version dari beberapa program yang terdapat di Ubuntu, kalau yang ini kita harus menggunakan Windows dan menjalankan autorun CD.

Untuk menggunakan Live CD, dari cover CD dituliskan spesifikasi minimum PC yang digunakan adalah 256 MB memory. Dan untuk menginstal, minimal space harddisk 4 GB.
Satu lagi yang membuat saya tertarik sekali, saya membaca Janji Ubuntu sebagai berikut:

  1. Ubuntu akan selalu free of charge, termasuk release enterprise dan update security-nya.
  2. Ubuntu hadir dengan full commercial support dari Canonical (pemilik trademark Ubuntu) dan dari ratusan perusahaan di dunia.
  3. CD Ubuntu hanya berisi aplikasi free software.

Kesan pertama yang indah dan membahagiakan bersama Ubuntu, tidak salah jika saya menerimanya dengan sukacita. Semoga saja Ubuntu dapat menjadi salah satu distro favorit saya nantinya. Oh ya, saya ingin sekali berterima kasih untuk Ubuntu Community untuk distro dan kiriman paket CD gratis-nya. Dan untuk rekan-rekan komunitas Ubuntu, saya akan banyak belajar dari rekan-rekan…

Tagged on: ,