Instalasi OpenOffice.org 3 dan GIMP 2.6 di Ubuntu 8.04.1 LTS (Hardy Heron)

OpenOffice.org 3Salah satu alasan saya memilih Ubuntu sebagai distro favorit untuk desktop adalah adanya release versi LTS (Long Term Support). Update sistem didukung selama 3 tahun untuk versi dekstop dan 5 tahun untuk server. Setelah merasa sangat nyaman dengan sistem yang sudah ada (saat ini dengan Ubuntu 8.04.1 LTS-Hardy Heron), selain powerfull dan stabil saya juga merasa sayang untuk mengganti sistem hanya untuk sekedar coba-coba. Maksud saya bahwa untuk menggunakan aplikasi FOSS terbaru pada distro favorit, saya tidak harus upgrade distro secara keseluruhan.

GIMP 2.6Dengan dilaunching-nya release baru OpenOffice.org versi 3 serta GIMP (GNU Image Manipulation Program) versi 2.6, pengin sekali upgrade kedua aplikasi tersebut dalam desktop Hardy yang saya gunakan. Meski demikian, dalam repository update Hardy Heron, versi OpenOffice.org 3 dan GIMP 2.6 tidak disertakan. Oleh karenanya, kita perlu instal sendiri dua aplikasi favorit tersebut. Mengenai fitur baru di OpenOffice.org dapat dibaca di OpenOffice.org dan situs UGOS, Fitur Baru OpenOffice.org 3.0 Versi Stable. Sedangkan informasi fitur baru GIMP 2.6 dapat dibaca di catatan release GIMP 2.6.

Langkah-langkah singkat instalasi sebagai berikut:
OpenOffice.org 3:
1. Hapus OpenOffice.org 2.4 bawaan default Hardy, saya menggunakan command:

sudo apt-get remove openoffice.org-core

2. Unduh file dari proyek OpenOffice.org untuk versi installer Linux DEB (Debian/Ubuntu).
3. Ekstrak paket installer, dan masuk ke direktory hasil ekstraksi: cd OOO300_m9_native_packed-1_en-US.9358/DEBS/
4. Jalankan instalasi paket:

sudo dpkg -i *.deb

5. Untuk menambahkan menu aplikasi, instal juga paket desktop integration, lokasinya ada dalam direktori hasil ekstrasi sebelumnya, masuk direktori dekstop-integration: cd desktop-integration/, selanjutnya instal paket:

sudo dpkg -i openoffice.org3.0-debian-menus_3.0-9354_all.deb

Atau cara yang kedua adalah dengan menambahkan repository dari Launchpad sebagai berikut: deb http://ppa.launchpad.net/openoffice-pkgs/ubuntu hardy main
Maka aplikasi OpenOffice.org versi 3 sudah siap digunakan, menu untuk aplikasi bisa diakses dari Applications->Office.
GIMP 2.6:
Ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu unduh paket dan instal manual paket .deb atau menggunakan repository pihak ketiga.
Cara 1:
1. Unduh paket gimp (gimp, gimp-data, libbabl-0.0.0, libgegl-0.0.0, dan libgimp2.0) dengan format .deb untuk gimp 2.6 dari http://www.getdeb.net/app/Gimp untuk versi Hardy Heron.
2. Dari direktori lokasi unduhan paket, jalankan command:

sudo dpkg -i *.deb

Cara 2:
Menggunakan repository pihak ketiga.
1. Edit file konfigurasi repository Ubuntu:

sudo gedit /etc/apt/sources.list

2. Tambahkan repository: deb http://ubuntu.org.ua/ getdeb/ pada akhir baris file konfigurasi.
2. Update repo dengan menjalankan:

sudo apt-get update

3. Instal Gimp dengan command:

sudo apt-get install gimp