NetworkManager Di Fedora 9, Membuat Networking Di Linux Semakin Mudah

NetworkManager Connections EditorNetworking di Linux saat ini bagi rekan-rekan pengguna laptop semakin mudah. Rekan-rekan tidak harus menggunakan command line atau file konfigurasi untuk mengelola koneksi networking (jaringan). NetworkManager memungkinkan hal tersebut dapat berjalan. Ketika rekan-rekan berada pada lokasi dengan koneksi jaringan yang berbeda, misalnya rekan-rekan yang memiliki koneksi Wireless pada area Hotspot, maka NetworkManager secara otomatis akan menghubungkan dengan jaringan Wifi tersebut. Untuk berganti antar jaringan wireless, klik saja dari daftar yang tersedia dalam applet. Dan ketika rekan-rekan kembali ingin menggunakan jaringan dengan koneksi melalui kabel (Wired Network Connection), hanya perlu memasangkan kembali kabel jaringan ke laptop. Dengan demikian, rekan-rekan pengguna laptop yang biasa berpindah antara koneksi Wireless WiFi dan Wired Ethernet connections akan merasakan sangat terbantu dengan adanya NetworkManager ini.

NetworkManager merupakan service/daemon (dengan tools tambahan) untuk memudahkan otomatisasi pengelolaan perangkat jaringan dan koneksi jaringan. NetworkManager semakin powerfull dan fungsional dengan mengintegrasikan dbus dan hal. Salah satu yang penting dari NetworkManager adalah dapat berjalan dalam berbagai desktop-environment (Gnome, KDE, Xfce) dan distro linux (Fedora, Ubuntu, SuSE, Debian, Gentoo, dsb).  Source tarballs untuk release terakhir NetworkManager dapat diunduh dari GNOME FTP Server.

NetworkManager AppletFedora 9 dalam instalasi defaultnya mengaktifkan service NetworkManager. Untuk memastikannya bisa dichek menggunakan command:

/sbin/chkconfig --list

Dukungan yang sudah disertakan dalam release-nya (NetworkManager 0.7) termasuk koneksi menggunakan perangkat GSM, CDMA, DSL, dan koneksi VPN. Mendukung ad-hoc networking dan internet connection sharing. Pada desktop Gnome, ketika service NetworkManager ini aktif, kita dapat melihat applet NetworkManager dan melihat daftar ketersediaan jaringan dengan klik applet tersebut. Dan untuk mengkonfigurasi NetworkManager menggunakan GUI, silahkan jalankan command:

nm-connection-editor

Tentu saja Laptop atau PC yang hanya menggunakan satu koneksi jaringan yang tidak berubah-ubah tidak perlu menggunakan service ini. Yang perlu diaktifkan hanyalah service Networking seperti biasanya saja. Untuk menonaktifkan service NetworkManager, menggunakan command:

/sbin/chkconfig NetworkManager off

Dan untuk mengaktifkan service Networking gunakan command:

/sbin/chkconfig network on

Networking di Linux bagi pengguna Laptop semakin mudah dan powerfull bukan 🙂 ?

Tagged on: , ,