Repository Linux Fedora 9

repo-fedora-9.jpgSekedar catatan singkat bagaimana mengkonfigurasi repository aplikasi di Linux Fedora 9. Repository yang saya maksudkan adalah melalui media CD/DVD, internet, repository lokal dan jaringan. Membuat repository jaringan sangat penting dilakukan di lab komputer sekolah kita. Tujuannya adalah memudahkan pengelolaan paket baik pada server maupun client.
Sebagai catatan, lokasi direktory file konfigurasi repository fedora adalah di /etc/yum.repos.d/.

1. Media CD/DVD
Jika kita memiliki DVD repository Fedora 9 (ada 4 DVD repository), dan menginginkan pengelolaan paket melalui media DVD tersebut. Tambahkan file dvd-fedora.repo, yang berisi:

[dvd-fedora]
name=Fedora 9 - i386 - DVD Repository
baseurl=file:///media/CDROM/
enabled=1
gpgcheck=0

2. Internet
Selain repository resmi Fedora 9, salah satu repo tambahan untuk Fedora yang cukup bagus adalah Livna. Repository livna digunakan untuk menginstal berbagai aplikasi multimedia yang tidak disertakan dalam DVD repository Fedora 9. Selain mengkonfigurasinya secara langsung melalui internet, kita juga bisa mengunduh file-nya satu persatu dan menjadikannya sebagai repository lokal nantinya. Sekedar catatan, jika koneksi internet di tempat kita terhubung melalui proxy server, tambahkan parameter untuk proxy tersebut pada file /etc/yum.conf. Untuk menambahkan repo Livna melalui internet dengan cara sebagai berikut:

rpm -ivh

3. Lokal
Selain digunakan sebagai repo lokal sendiri, konfigurasi lokal repo ini nantinya dapat digunakan sebagai server untuk repo di jaringan, syaratnya kita harus menghidupkan layanan web server (apache terlebih dahulu) dan paket createrepo harus sudah terinstal pada server.
Copykan semua file paket rpm dari DVD repo ke /var/www/html/rpmlokal.
Setelah itu tambahkan file lokal-fedora.repo yang berisi:

[lokal-fedora]
name=Fedora 9 - i386 - Repository Lokal
baseurl=http://localhost/rpmlokal/
enabled=1
gpgcheck=0

Saya sengaja men-disable gpgcheck karena file rpm pada lokal repo tidak semuanya dari DVD repo fedora 9, dan memiliki RPM-GPG-KEY yang berbeda. Selanjutnya untuk membuat indeks file repo, gunakan command createrepo, misal direktory lokasi file-file rpm adalah di /var/www/html/rpmlokal, maka untuk membuat repo-nya, jalankan command

createrepo /var/www/html/rpmlokal

4. Jaringan
Konfigurasi repo pada client yang akan mengakses repo lokal pada server di jaringan. Misal IP address server adalah 192.168.7.42 (atau bisa juga dengan FQDN server jika sudah dibuat DNS Server-nya), tambahkan file jaringan-fedora.repo yang berisi:

[jaringan-fedora]
name=Fedora 9 - i386 - Repository Jaringan Lokal
baseurl=http://192.168.7.42/rpmlokal/
enabled=1
gpgcheck=0
Tagged on: , ,