Upgrade ke Linux Ubuntu 12.04 LTS

Dengan direleasenya Ubuntu 12.04 LTS, saya juga ikut mengupgrade Ubuntu yang saya gunakan. Upgrade langsung menggunakan Update Manager di Ubuntu 11.10. Ubuntu 12.04 LTS yang direlease dengan codename Precise Pangolin adalah Ubuntu dengan rilis Dukungan Jangka Panjang (LTS atau Long Term Support), tersedia mulai tanggal 26 April 2012. Ubuntu 12.04 adalah rilis ke-16 Ubuntu oleh Canonical dan yang keempat untuk versi dukungan yang lama (LTS). Tidak seperti rilis LTS sebelumnya yang didukung selama tiga tahun untuk versi desktop dan lima tahun untuk versi server, rilis ini akan didukung selama lima tahun untuk kedua versi, sampai tahun 2017. 🙂 Dalam catatan release Ubuntu 12.04 disebutkan beberapa fitur baru, beberapa diantaranya adalah:

  • Head-Up Display. HUD menawarkan cara baru dalam mencari dan mengakses aplikasi pada desktop secara lebih cepat. HUD adalah kombinasi antara search box dengan aplikasi. Adapun fungsinya mencari fungsi pada suatu aplikasi hanya dengan menekan tombol Alt. contoh misalnya kita ingin mencari fungsi bookmark pada Mozilla Firefox, kita tinggal menekan tombol Alt lalu mengisi search box dengan kata bookmark.
  • Desktop Unity yang ditingkatkan, menjadi lebih cepat dan stabil serta tampilan quicklist baru. Konfigurasi Unity juga semakin mudah untuk mengatur launcher dan perilakunya.
  • Peningkatan aplikasi Network Manager dengan dnsmasq.
  • Rhythmbox menggantikan Banshee sebagai aplikasi media player default .
  • Wallpaper baru. Terdapat 14 wallpaper baru dari hasil jepretan fotografer kelas dunia.
  • Peningkatan Ubuntu One. Di dalamnya telah termasuk dukungan proxy dan Control Panel baru.

Sedangkan dalam infrastruktur aplikasinya, terdapat peningkatan: Kernel Linux v3.2.14, LibreOffice 3.5.2, dan GNOME 3.4.1. Terima kasih Ubuntu.

Tagged on: , ,