Virtualisasi Menggunakan Qemu Di Fedora 9

Login Qemu Fedora 9Ini adalah artikel beberapa bulan lalu yang saya temukan terselip di arsip data-data saya, sayang jika dibuang.. 😀
Setelah googgling untuk mencari berbagai informasi mengenai virtualisasi di Linux, akhirnya saya putuskan untuk memilih Qemu sebagai open source processor emulator pilihan saya di Fedora 9. Alasannya sederhana saja, saya melihat judul dari situs Qemu, “QEMU is a FAST processor emulator”. Qemu sendiri selain di Linux, dapat juga dijalankan pada Windows dan Mac OS sebagai host ataupun guest.

Paket yang perlu diinstal silahkan diunduh dari repository livna, sesuaikan dengan versi kernel yang digunakan:
akmods-kqemu dan kmods-kqemu

Setelah terinstal, aktifkan 3 Service untuk menjalankan virtualisasi Qemu di Fedora 9, yaitu:
akmods. atau akmodsinit, merupakan inisialisasi sistem yang digunakan untuk  memanggil akmod pada saat system boot untuk mengaktifkan kmods pada kernel yang sedang digunakan.
kqemu. kqemu (QEMU Accelerator Module) meningkatkan kecepatan QEMU ketika menjalankan virtualisasi.
qemu.

Selanjutnya, saya coba menjalankan Fedora 9 di Fedora 9, maksud saya bahwa saya akan instal Fedora 9 dari Fedora 9 yang sudah saya miliki. Yang pertama harus dilakukan adalah membuat alokasi untuk image Fedora 9 hasil intalasi. Jalankan command berikut: (Maksudnya bahwa dialokasikan sebesar 4 GigaByte untuk image dengan nama fedora-9.img)

qemu-img create -f qcow2 fedora-9.img 4G

Untuk memulai instalasi Fedora 9 di dalam virtual machine kita dengan:

qemu -cdrom /dev/cdrom -hda c.img -m 512 -boot d

Proses intalasi akan berlangsung sama halnya seperti saat kita instal Fedora 9 biasanya. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Desktop Qemu Fedora 9Untuk menjalankan Fedora 9 dari virtual machine tersebut, menggunakan command (bisa juga dibuatkan launcher aplikasinya, untuk mempermudah setiap kita akan menjalankannya)

qemu -hda fedora-9.img -m 512 -kernel-kqemu

Jika tanpa menyertakan option -kernel-kqemu (tidak mengaktifkan accelerator), maka sistem quest yang akan kita jalankan menjadi sangat lambat.

Demikian sedikit catatan tentang Qemu di Fedora 9, sayangnya saya belum sempat mencoba untuk menjalankan jaringan dan berbagai fitur yang disediakan Qemu lainnya.

Tagged on: ,