Buku Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis FOSS untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)

Penyerahan Buku TIK SMA/MA Berbasis FOSSBelum lama ini (Oktober 2008), telah diterbitkan buku pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis FOSS untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dalam format elektronik (PDF) yang diterbitkan oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia. (Links download file buku TIK berbasis FOSS untuk SMA/MA dalam format elektronik (PDF) dari sini:

Dengan salah satu latar belakang utamanya yaitu: Berkaitan dengan IGOS; Pengenalan, penggunaan dan pemanfaatan open source dapat berlangsung sejak dini, dan sekaligus dapat menumbuhkembangkan kreativitas dalam menciptakan piranti lunak berbasis Open Source (saya kutip dari pengantar Buku tersebut). Penghargaan dan ucapan terima kasih untuk rekan-rekan penyusun buku TIK berbasis FOSS untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Kementerian Negara Riset dan Teknologi bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Komunikasi dan Informatika.

Dengan diterbitkannya buku pelajaran TIK berbasis FOSS, tentu saja sebagai salah satu solusi bagi sekolah yang baru akan memulai menggunakan Free/Open Source Software (FOSS). Dan saya pribadi merasakan  tulisan saya tentang 9 Harapan Sekolah Untuk Program IGOS semakin mendekati kenyataan (Pengadaan buku paket mata pelajaran TIK sesuai kurikulum yang berlaku dengan FOSS sebagai program yang digunakannya. Terlepas dari kurikulum mata pelajaran TIK yang masih tumpang tindih, peranan buku tersebut sangat penting bagi guru dan siswa. Bagaimana guru dapat mengajarkan FOSS jika belum ada buku panduannya? Belum lagi guru harus belajar FOSS… Buku ini sekaligus menjawab pertanyaan orang tua yang mempertanyakan apakah FOSS layak untuk diajarkan di sekolah. Bahwa ternyata DepDikNas pun mendukung dan mengakuinya. Perlu juga mengadakan seminar tentang sosialisasi kebijakan DepDiknas dalam penerapan FOSS di sekolah..)

Buku tersebut menggunakan lisensi sebagai buku terbuka (Open Publication License). Siapapun dapat menggunakan, mempelajari, dan memperbanyak atau menyebarluaskan sebagian atau seluruh isi buku ini dalam berbagai bentuk tanpa harus meminta izin kepada penerbit dan penyusunnya. Perangkat lunak atau program komputer yang digunakan sebagai bahan pembelajaran di buku pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis FOSS untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) tersebut berlisensi bebas atau merdeka, lisensi yang menjadi ciri khas perangkat lunak FOSS. Para guru dan siswa dapat memperoleh semua program yang digunakan dalam buku tersebut tanpa harus membayar lisensi kepada pembuatnya. Perangkat lunak FOSS seperti sistem operasi Linux dan aplikasi OpenOffice.org dapat diperoleh dengan cara men-download dari Internet, meng-copy CD yang disertakan dalam buku atau majalah, atau membeli dari penyedia CD/DVD lainnya.

Besar harapan saya bahwa sekolah-sekolah di Indonesia semakin memperhatikan penggunaan software legal. Apakah nantinya akan menggunakan software berbayar (proprietary) atau FOSS. Untuk sekolah yang memilih menggunakan FOSS baik dalam kegiatan pembelajaran maupun administrasi sekolah, maka tentu saja lisensi software ini sudah tidak menjadi masalah lagi, tapi bagi sekolah yang memilih software proprietary, apakah software yang digunakan merupakan software legal atau tidak.

Sekolah sebagai tempat terbaik untuk mendidik generasi muda harapan bangsa semoga menjadi tempat terbaik bagi penerapan HAKI dan penggunaan software legal… :D

Update 17 Agustus 2010: Links download buku TIK SMA dan SMP berbasis FOSS:

Update 6 September 2011: Links download buku TIK SMA dan SMP berbasis FOSS:

73 thoughts on “Buku Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis FOSS untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)

  1. cokro

    sudah download, tahun depan saya pakai open office 3 saja, tapi paling ada beberapa modul yang saya revisi.
    thanks

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Sip banget Mas.. Saya dukung. Kita bisa saling berbagi pengalaman dalam menggunakan FOSS nantinya.. :D

  2. Dhanie

    Semoga dengan adanya Buku Sekolah Elektronik, TIK berbasis FOSS ini bisa menambah semangat Bapak/Ibu guru yang sekolahnya masih menggunakan software bajakan untuk segera mengajar dengan Free Open Source Software. Karena selama ini kendala terbesar adalah tidak tersedia buku ajar. Biarpun dah gak SMA bisa juga kok belajar pake itu.. :-)

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Sepakat Bu.. Saya juga banyak belajar dari buku tersebut.. :D

  3. iin

    setuju kang…..
    aqu juga turut setuju adanya BSE cuz dari situ murid2 yang gag punya duid sa ikud blajar…
    tapi masalahnya yooo biaya net kan mahal…
    lagipula gag semua sekolah siap nerima BSE dari sumber daya n kualitas sekolahnya ntu sendiri….
    kepriyee qie kang??

  4. indra

    saya menunggu untuk tingkat SMP dan SD …. !?!?!?!
    btw kapan yaaacchhh …. ???!!
    kalo dah ada infonya Mas …. !!!???

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Saya juga menunggu untuk tingkat SD dan SMP. Semoga segera terwujud Mas.. :D Dan kalau perlu, kita bisa juga berkontribusi.

  5. Subianto

    aku dah donlot. keren … dah lama aku cari-cari buku seperti ini. mo buat sendiri terkendala waktu, sebetulnya nggak juga. mungkin semangatnya yang kurang. yang sd dan smp kapan ya?

  6. iwan

    pak gimana caranya ngejar keteringgalan dalam bidang IT,soalnya gelar saya skom tapi ga tahu apa2,jadi malu,n juga saya ini dapat tanggungjawab tuk mengembangkan sekolah dasar tingkat internasional yg handal di bidang it

    FX. Eko Budi Kristanto:
    Pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab Mas.. Saran saya silahkan mulai untuk belajar lagi (tidak harus semua dipelajari – yang dibutuhkan saja), dan apa yang dipelajari langsung dipraktekan. Saya biasanya sering cepat melupakan apa yang sudah dipelajari, setelah mempelajari hal yang baru. Sehingga saya menuliskannya di blog supaya saya juga bisa belajar lagi.. :D Dan yang terpenting, seiring usaha kita tentu saja berdoa Mas. Semoga sukses.

  7. surya

    bagus benarjika dipelajari untuk perkembangan diri dan orang lain demi masa depan dan menghadapi pasar gelobal yangnantinya terjadi

  8. mira nur sifa

    saya jga in9in bsa bljar TIK dan dngan bljr TIK aku in9in selalu sukses dlam bljar TIK krna aku jga nnti senin mau ulngan TIK jngan mhon aku jga in9in sukses dlm bljar TIK……:)

  9. Khuelis Nuri

    Saya seorang guru TIK di tingkatan SMP, saya merasa kesulitan dalam membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), di mana saya bisa mendapatkan itu (situs apa)?

  10. Fikri

    Semester Satu Untuk Kelas X SMA ada Ga ?? Kok Langsung Semester 2 yach ??

    But Overall ini bisa kita jadiakan acuan dalam Rangka Mem-foss-kan sekolah kita hehehehhe

  11. FAIZIN

    maaf saya guru tik di sd, apakah ada tik open source yang menggunakan open office tetapi untuk anak SD / MI? yang sdh dalam bentuk pdf seperti diatas? mohon jika ada kirimkan url ke email saya atau jika harus beli bukunya penerbit mana? trimakasih mohon jawaban secepatnya.

  12. mintaria

    di buku tik yang akan datang mengenai jaringan ditingkatkan lagi termasuk cara seting lan dan ip yang dibutuhkan, bahkan kalu bisa sampai mikrotiknya.

  13. andre

    buku TIK untuk pelajaran SMP itu pelajaran praktek atau teori ?
    Bila buku Microsoft Word 2003 Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP Kelas VIII (Semester 1) itu di terbitkan oleh siapa?

  14. erheis

    Assalamualaikum…
    Saya terlalu baru untuk hal RPP Silabus KKM dan sejenisnya…
    mohon bantuannya agar saya bisa memulai dengan terstruktur…
    terimakasih sebelumnya
    Wassalam

  15. hendrik

    kalo yang SMP ad tidak ya?

    thank’s

    kalo ad link download untuk RPP, Silabus ama program semester ama tahunan juga ya…

    mklum guru baru nih :)

  16. muhammad

    “Besar harapan saya bahwa sekolah-sekolah di Indonesia semakin memperhatikan penggunaan software legal. Apakah nantinya akan menggunakan software berbayar (proprietary) atau FOSS. Untuk sekolah yang memilih menggunakan FOSS baik dalam kegiatan pembelajaran maupun administrasi sekolah, maka tentu saja lisensi software ini sudah tidak menjadi masalah lagi, tapi bagi sekolah yang memilih software proprietary, apakah software yang digunakan merupakan software legal atau tidak”.

    Sepertinya akan menjadi lahan basah bagi yang membuat kebijakan nih…..

  17. zain

    trimakasih bkuy.kebanyakan,link mengenai buku tik berbasis linux dihapus.
    yang kelas X semester 1,kok gak da ya…apakah jga dihapus link-nya…sma kayak web yg lain,yg klas x smester 1 gk da.

  18. arom kwok

    seiring berkembang nya teknologi informatika kejahatan dalam dunia maya pun semakin meraja lela,,dengan adanya hal trsb saya harap siswa2 dapat pelajaran yg menyangkut cara memberantas cybercrome minimal menhindari,,misal nya digital forensik…
    trim…

  19. idham

    TIK sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan saat ini…sebagai tenaga pendidik merasa perlu bukan bagi siswanya saja pendidiknya juga harus menguasai tIK atu ITC….nice site. visit your site and i hope you can visit my site to. thenks. salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>