Sistem Informasi Manajemen Sekolah Open Source Berbasis Web

Sistem informasi manajemen sekolah saat ini sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi sekolah, dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada semua komponen sekolah, terutama bagi semua siswa, orang tua siswa, guru, dan pengelola sekolah. Dukungan komunitas Open Source untuk dunia pendidikan khususnya sekolah juga sudah dirasakan manfaatnya di sekolah-sekolah dengan tersedianya berbagai Free Open Source Software, mulai dari sistem operasi Open Source, aplikasi Open Source, CMS dan CMF Open Source, LMS Open Source, dan masih banyak lagi.

Identifikasi kebutuhan sekolah akan sistem informasi manajemen sekolah diantaranya adalah: (1) Menggunakan bahasa indonesia, (2) Tersedia sistem standar untuk pendataan: Sekolah, admin, guru, siswa dan orang tua siswa, Absensi, Nilai (3) Sistem pembayaran sekolah siswa, (4) ringkasan pelaporan untuk Manajemen, (5) Terhubung ke aplikasi perpustakaan, (6) Tersambung dengan Moodle (7) Fitur SMS: Komunikasi ke orang tua siswa melalui SMS, Orang tua dapat melihat data siswa (pembayaran, perpustakaan, nilai) lewat otomatisasi sistem SMS.

Berlatar belakang kebutuhan sekolah tersebut, ada beberapa sistem informasi sekolah open source berbasis web yang dapat dipilih untuk diimplementasikan di sekolah kita masing-masing. Diantaranya adalah Jibas, openSIS, SISFOKOL, Open Admin for School, SchoolTool, dan Fedena.

Berikut sedikit pembahasannya dikaitkan dengan identifikasi kebutuhan sistem informasi sekolah:

Jibas

JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah): (1) Menggunakan bahasa indonesia, (2) Tersedia sistem standar untuk pendataan: Sekolah, admin, guru, siswa dan orang tua siswa, Absensi, Nilai (3) Sistem pembayaran sekolah siswa, (4) ringkasan pelaporan untuk Manajemen, (5) Terhubung ke aplikasi perpustakaan (6) Fitur SMS: Komunikasi ke orang tua siswa melalui SMS, Orang tua dapat melihat data siswa (pembayaran, perpustakaan, nilai) lewat otomatosasi sistem SMS.

Jibas

openSIS

openSIS: (1) dapat Menggunakan bahasa indonesia, (2) Tersedia sistem standar untuk pendataan: Sekolah, admin, guru, siswa dan orang tua siswa, Absensi, Nilai (3) ringkasan pelaporan untuk Manajemen,  (4) Tersambung dengan Moodle.

OpenSIS

Sisfokol

SISFOKOL (Sistem Informasi Sekolah). Berikut penjelasan dari pengelola SISFOKOL: SISFOKOL atau Sistem Informasi Sekolah, adalah project idealist berbasis open source dan free software, yang dikembangkan oleh Agus Muhajir, untuk keperluan administrasi pengelolaan sekolah. Mulai dari SD, SLTP, SLTA dan SMK. SISFOKOL adalah Sistem Informasi Sekolah, yang mempunyai konsep OPEN SOURCE berdasarkan pada FREEDOM SOFTWARE dengan layanan berbayar (komersial). Menganut lisensi GNU/GPL Version 2, June 1991.

SISFOKOL

Open Admin for School

Open Admin for School adalah Program Administrasi Sekolah. Tersedia secara bebas dengan sumber terbuka (open source) dan paket perangkat lunak yang berlisensi di bawah GNU General Public License.

Saat ini memiliki beberapa fitur berikut: (1) Dapat berbahasa Indonesia (2) Demografi yang menyimpan informasi siswa dan keluarga yang dapat dilihat dan dicetak dalam berbagai cara; Absensi; Disiplin, (3) Pembuatan Laporan Nilai, kehadiran. (4) Sistem Transkrip untuk mencetak transkrip mahasiswa, (5) Sistem Biaya untuk memungkinkan pengisian biaya siswa, pencetakan faktur, pembayaran, faktur dan transaksi ekspor ringkasan untuk program akuntansi eksternal.

Open Admin for School

SchoolTool

SchoolTool adalah perangkat lunak gratis untuk administrasi sekolah di seluruh dunia. SchoolTool merupakan sistem informasi sekolah open source berbasis web yang dirancang untuk sekolah-sekolah di negara berkembang, dengan dukungan kuat untuk penyebaran terjemahan, lokalisasi dan otomatis dan update melalui installer Ubuntu Linux dan sistem manajemen paket. Schooltool juga merupakan kerangka kerja untuk membangun aplikasi disesuaikan dan konfigurasi untuk masing-masing sekolah atau negara. Schooltool dibangun di atas software 100% open source, ditulis dengan Python menggunakan kerangka Zope 3. Berlisensi di bawah GNU General Public License, Versi 2.

Schooltool

Fedena

Proyek Fedena adalah open source sistem manajemen sekolah dan kampus didasarkan pada Ruby on Rails. Awalnya dikembangkan oleh tim pengembang di Foradian Technologies. Proyek ini dibuat open source oleh Foradian, dan sekarang dikelola oleh komunitas open source. Beberapa fiturnya adalah: Ramah antarmuka pengguna, Mengelola penerimaan mahasiswa & tahun akademik, pemeriksaan manajemen, Jadwal & manajemen Kehadiran.

Fedena

Silahkan memilih dari berbagai Sistem Informasi Manajemen Sekolah Open Source tersebut yang paling tepat untuk diterapkan di sekolah-sekolah kita. Untuk rekan-rekan yang akan menambahkan daftar SIM Sekolah Open Source beserta ulasannya, dengan senang hati saya akan menerimanya. Semoga bermanfaat :-)

12 thoughts on “Sistem Informasi Manajemen Sekolah Open Source Berbasis Web

  1. faiz

    trims nich tulisannya…btw..sy gi butuh progam penerimaan mahasiswa baru…apakah Mas punya koeksi ttg PPMB ..kl ada boleh dong dikirim…skali lg trims nich informasinya

  2. aditya witjaksono

    sistem manajemen sekolah untuk orangtua selain nilai apalagi yg didapat ?apakah profil siswa ,atau kalau anak kami tidak masuk kelas dapat diinfokan,apakh bisa diintegrasikan dengan tekhnologi blackberry?trims

    1. FX. Eko Budi Kristanto

      Profil dan absensi siswa sudah diintegrasikan dalam salah satu aplikasi yang saya sebutkan diatas. Sampai tulisan ini saya publish, versi mobile-nya belum ada pak. Jika nantinya ada, kemungkinan besar menurut perkiraan saya adalah aplikasi android.

  3. syehiful arif

    maaf mas..! apakah sistem2 disini gratis ataukah berbayar..!

    tlg donk infonya yang berbayar (berapa harus bayarnya) yang mana saja dan yang gratis mana saja ???

  4. Maz Adfha

    Thanks Mas untuk infonya:”

    ini sangat membatu saya untuk belajar membuat website”

    semoga bermanfaat:”

  5. wina

    mungkin secara umum pak pemberitahuan nya adalah melalui sms autorespon dengan format absensi#nomer induk siswa. tapi semua tidak real time krn harus di input terlebih dahulu oleh operator sekolah kelemahan nya adalah apakah siswa terlambat masuk sekolah atau tidak. JAVA powefull untuk perihal android dan BB, tapi pasar nya ???? di karenakan orangtua lbh familiar dengan handphone sms dari pada BB massanger dan android. maaf apabila pendapat saya salah