Harapan Tentang Dokumen Standar dan Panduan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah

Dokumen Standar Panduan Pengelolaan TIK di SekolahLayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti Jardiknas, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Model Website Sekolah, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, anugerah ePendidikan, Balitbang Kemdiknas, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), dan Badan Standar Nasional Pendidikan secara tidak langsung menjadi salah satu wujud perhatian pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah Indonesia saat ini. Di sisi lain, sekolah juga perlu menyiapkan infrastruktur untuk mendukung pemanfaatan TIK, baik sebagai media pembelajaran (e-Education), e-Learning, administrasi sekolah maupun layanan informasi sekolah dan pendidikan (website sekolah dan pendukungnya) agar menjadi lebih optimal, efektif dan berdayaguna.

Berlatarbelakang hal tersebut, saya pribadi sebagai salah satu bagian komunitas sekolah dengan pengalaman tentang TIK yang seadanya, kemudian menyimpulkan sebuah Pertanyaan tentang Dokumen Standar dan Panduan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah di Indonesia: Bagaimana wujud serta isi standar dan panduannya? Dimana menemukan dokumen standar dan panduan tersebut? Karena sampai saat saya publish tulisan ini saya belum menemukannya 😀

Dokumen Standar dan Panduan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah inilah yang menurut saya dapat menjadi salah satu arahan bagi pengembangan TIK di sekolah ke depannya. Dalam dunia pendidikan/sekolah, sudah ada dokumen 8 standar pendidikan. Sedangkan di pemerintahan, salah satu dokumen standar yang menurut saya cukup bagus adalah Panduan Penyelenggaran Website Pemerintah Daerah yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan dipublikasan agar dapat digunakan oleh semua Pemerintah Daerah. Di tingkat departemen, saya menemukan Standar Dokumen Pengelolaan Infrastruktur TIK Departemen Komunikasi dan Informatika yang mengatur standar pengelolaan keamanan, standar pengelolaan aplikasi, standar pengelolaan instalasi, standar pengelolaan jaringan dan standar pengelolaan pengembangan sistem.

Dokumen Standar dan Panduan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah yang pikirkan tersebut adalah:

  • Dokumen Standar Pengelolaan Sistem Informasi di Sekolah (diluar website sekolah dan website e-learning).
  • Dokumen Standar Pengajaran Pelajaran TIK di Sekolah.
  • Dokumen Standar Buku Pelajaran TIK di Sekolah. Meskipun sudah ada beberapa instrumen penilaian buku pelajaran sekolah di BSNP, namun saya belum menemukan yang untuk pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  • Dokumen Standar Sumber Daya Manusia TIK di Sekolah.
  • Dokumen Standar Pengelolaan Hardware dan Software di Sekolah.
  • Dokumen Standar Pengelolaan Jaringan Intranet dan Internet di Sekolah.
  • Dokumen Standar Pengelolaan Paperless Office di Sekolah.
  • Dokumen Standar Organisasi ICT di sekolah.
  • Dokumen Panduan Penyelenggaran Website Sekolah.
  • Dokumen Panduan Penyelenggaran Laboratorium Komputer Sekolah.
  • Dokumen Panduan Penyelenggaran E-Learning di Sekolah.
  • Dokumen Panduan Penyelenggaran Website Perpustakaan Sekolah, Digital Library, Ebook Sekolah.
  • Dokumen Panduan Penyelenggaran Website Penerimaan Siswa Baru.

Harapan saya, semoga tidak lama lagi saya dapat menemukan dokumen tersebut saat Googling dengan kata kunci Dokumen Standar dan Panduan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah.
Atau adakah rekan-rekan yang sudah menemukannya? Dengan senang hati saya akan menerima informasi dan sharingnya 😀