Menjadi Sesuatu Yang Sangat Jelas

Manusia oleh sang pencipta diberi pilihan yang jelas dan harus dilaluinya. Untuk dilahirkan, menjalani masa kanak-kanak, menjadi dewasa dan orang tua, dan pilihan terakhir untuk kembali ke asalnya bersama sang pencipta. Demikian juga dalam hal karir, manusia diberi bakat dan keahlian yang unik yang dikembangkan sesuai dengan panggilan hidupnya. Manusia diberi pilihan dalam seumur hidupnya. Bagi seorang pria, menjadi ayah yang baik di tengah keluarganya, menjadi karyawan yang baik di tempat kerjanya, menjadi warga yang baik di tengah masyarakatnya. Dalam hal karir, menjadi guru yang baik yang dicintai murid-murid dan menjadi teladan bagi guru yang lain, sebagai pimpinan menjadi pemimpin yang baik untuk bawahan-bawahannya, memberi kebijakan, memberi teladan, mendorong bawahannya untuk melakukan yang baik.

Semuanya menjadi satu kesimpulan, bahwa dalam hidup, manusia diberi tugas untuk menjadi suatu yang sangat jelas, yaitu menjadi yang baik dalam porsinya masing-masing (sebagai warga negara, masyarakat, agama, dan keluarga). Meski untuk menjadi yang baik itu, mungkin menjalani dari awal yang kurang baik. Tuhan memberi teladan bagaimana melaksanakan komitmen untuk menjadi yang baik.

Demikian juga dalam bidang IT, jika selama ini Anda masih mencari-cari mau kemana Anda melangkah, lihatlah dalam diri Anda, temukan sesuatu yang sangat jelas di sana… Jika mau menjadi pemimpin, Anda harus memahami banyak hal yang berkaitan dengan bidang Anda, paling tidak Anda mengerti bidang-bidang yang akan Anda kerjakan itu apa… Jadilah pemimpin yang baik, dimana bawahan Anda dengan sendirinya akan mengakui kemana Anda membawa melangkah.

Menjadi garam dan terang untuk dunia dalam karya dan panggilan hidup kita. Adik kandung saya menjadi petani dan tukang kayu, tetapi dapat menjadi petani dan tukang kayu yang baik. Demikian juga dengan orang tua saya, menjadi guru sekolah dasar. Saya bangga dengan adik saya yang tukang kayu dan orang tua saya yang guru, berani menjadi sesuatu yang sangat jelas.

Jika situasi dan kondisi itu tidak memungkinkan Anda, kenapa Anda harus takut untuk menentukan pilihan? Kenapa kita harus takut menentang arus? Hidup yang hanya sekali buatlah menjadi yang terbaik dan berarti. Jika untuk menjadi yang baik itu tidak menemukan jalannya, kenapa kita harus takut melangkah? Kenapa harus takut menentukan pilihan hidup yang sangat kita yakini? Kenapa kita harus mengorbankan hidup kita yang sangat berharga dan bernilai dengan hanya menuruti yang tidak jelas?

Kapan? Sekarang ini untuk menjadi yang baik. Biar esok yang baik itu menjadi lebih baik untuk hari ini..

Tagged on: