Aplikasi Virtual Machine VirtualBox dan UNBK

Mesin virtual atau mesin maya (Inggris: virtual machine, disingkat vm) dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. Mesin virtual memungkinkan Anda untuk menjalankan satu sistem operasi dalam sistem operasi lain. OS utama Anda dapat Windows 7 64-bit, misalnya, tetapi dengan cukup memori dan processor, Anda dapat menjalankan Ubuntu dan atau Windows Server 2012 di dalamnya.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload). Server lokal tersebut menggunakan aplikasi Virtual Machine untuk menjalankan virtualisasi mesin server UNBK secara lokal. Aplikasi virtual machine yang digunakan adalah VirtualBox.

Tentang VirtualBox

VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi untuk hardware x86, yang dapat digunakan pada server dan desktop. Selama ini VirtualBox menjadi pilihan aplikasi yang digunakan dalam UNBK. VirtualBox merupakan aplikasi open source yang free dengan lisensi GNU General Public License (GPL) versi 2, dapat berjalan di berbagai sistem operasi host (Windows, Linux, Macintosh, dan Solaris), serta dikembangkan oleh Oracle dan komunitas open source.

VirtualBox adalah aplikasi virtualisasi cross-platform. Artinya dapat diinstal pada komputer berbasis AMD atau Intel, apakah mereka menjalankan Windows, Mac, Linux atau sistem operasi Solaris. Kedua, memperluas kemampuan komputer yang ada sehingga dapat menjalankan beberapa sistem operasi (dalam beberapa mesin virtual) pada waktu yang sama. Jadi, misalnya, Anda dapat menjalankan Windows dan Linux di Mac Anda, menjalankan Windows Server 2008 pada server Linux Anda, menjalankan Linux pada PC Windows Anda, dan sebagainya, semua bersama aplikasi yang ada. Anda dapat menginstal dan menjalankan banyak mesin virtual yang Anda inginkan – satu-satunya batasan adalah ruang disk dan memori.

Mengapa Menggunakan Virtualisasi?

Teknik dan fitur VirtualBox berguna untuk beberapa skenario:

  • Menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan. VirtualBox memungkinkan Anda untuk menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada satu waktu. Dengan cara ini, Anda dapat menjalankan perangkat lunak yang ditulis untuk satu sistem operasi yang lain (misalnya, perangkat lunak Windows di Linux atau Mac) tanpa harus reboot untuk menggunakannya. Karena Anda dapat mengkonfigurasi jenis perangkat keras “virtual” apa yang harus disampaikan kepada masing-masing sistem operasi tersebut, Anda dapat menginstal sistem operasi lama seperti DOS atau OS / 2 bahkan jika perangkat keras komputer yang sebenarnya tidak lagi didukung oleh sistem operasi.
  • Instalasi software mudah. Vendor perangkat lunak dapat menggunakan mesin virtual untuk kapal seluruh konfigurasi software. Misalnya, memasang solusi email server yang lengkap pada mesin nyata bisa menjadi tugas yang membosankan. Dengan VirtualBox, seperti setup kompleks (kemudian sering disebut “alat”) bisa dimasukkan ke dalam mesin virtual. Menginstal dan menjalankan mail server menjadi semudah mengimpor alat tersebut ke dalam VirtualBox.

Terminologi Virtual Machine

Ketika berhadapan dengan virtualisasi perlu memahami sedikit terminologi sebagai berikut:

Sistem Operasi tuan rumah (host OS).

Ini adalah sistem operasi dari komputer fisik dimana VirtualBox dipasang. Ada versi VirtualBox untuk Windows, Mac OS X, Linux dan host Solaris.

Sistem Operasi tamu (guest OS).

Ini adalah sistem operasi yang berjalan di dalam mesin virtual. Secara teoritis, VirtualBox dapat menjalankan sistem operasi (DOS, Windows, OS / 2, FreeBSD, OpenBSD), tetapi untuk mencapai kinerja mendekati mesin Anda, kita harus melalui banyak optimasi yang spesifik untuk sistem operasi tertentu.

Virtual mesin (VM).

Ini adalah lingkungan khusus yang VirtualBox menciptakan untuk sistem operasi tamu Anda ketika sedang berjalan. Dengan kata lain, Anda menjalankan sistem operasi tamu Anda “dalam” VM. Biasanya, VM akan ditampilkan sebagai jendela pada desktop komputer Anda, namun tergantung pada berbagai frontends dari VirtualBox yang Anda gunakan, dapat ditampilkan dalam modus layar penuh atau jarak jauh pada komputer lain. Dalam cara yang lebih abstrak, secara internal, VirtualBox berpikir VM sebagai seperangkat parameter yang menentukan perilakunya. Mereka termasuk pengaturan perangkat keras (berapa banyak memori VM harus memiliki, disk VirtualBox harus divirtualisasi melalui file container, CD apa yang dipasang dll) serta informasi negara (apakah VM saat ini berjalan, disimpan, dll). Pengaturan ini tercermin dalam VirtualBox Manager serta baris perintah VBoxManage.

Virtual Machine UNBK

Untuk UNBK, sistem operasi host yang direkomendasikan adalah: Windows Server/Windows 8/Windows 7 /Linux Ubuntu 14.04 (64 bit). Sistem operasi host ini nantinya akan menjalankan sistem operasi quest yang digunakan dalam UNBK, yaitu Windows Server 2012. Distribusi virtual machine UNBK ini menggunakan VHD (Virtual Hard Disk). Prinsipnya bahwa dalam 1 sistem operasi host dapat dibuat beberapa virtual machine (VM) untuk sistem operasi guest. Namun, untuk sekolah yang melaksanakan UNBK SMP dan SMA di laboratorium komputer yang sama dari tim Puspendik mengharuskan menggunakan server yang berbeda atau PC yang sama namun harddisk berbeda, perkiraan saya berkaitan dengan identifikasi ID server berdasarkan HDD yang digunakan.

Referensi:

  • Documentation VirtualBox. https://www.virtualbox.org/wiki/Documentation
  • Ujian Berbasis Komputer (UBK). http://ubk.kemdikbud.go.id/
  • johan3s

    Slmt pagi Mas Eko,

    mohon bantuannya Mas, saya udah install Virtualbox di Win 7 dan mau install ubuntu 32 bit (ubuntu-11.10-desktop-i386). Settingan udah saya buat sesuai panduan, namun ketika mesin distart muncul pesan berikut :

    The virtual machine ‘ubuntu’ has terminated unexpectedly during startup with exit code 1 (0x1). More details may be available in ‘C:UsersBams.User-PCVirtualBox VMsubuntuLogsVBoxHardening.log’.

    Kode Hasil:
    E_FAIL (0x80004005)
    Komponen:
    MachineWrap
    Antar Muka:
    IMachine {b2547866-a0a1-4391-8b86-6952d82efaa0}

    kira2 dimana ya Mas kekurangannya?
    terima kasih.