Kurikulum Mata Pelajaran TIK Negara Lain

Salah satu alasan pemerintah menghapus mata pelajaran TIK di struktur kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah SMP dan SMA adalah karena TIK di negara lain tidak diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri, melainkan diintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya. Berikut ini adalah fakta bahwa di negara lain TIK tetap ada dalam kurikulum nasionalnya, malahan beberapa dari negara tersebut memasukkannya mulai dari TK sampai SMA (K12) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Bedanya dengan Indonesia adalah pada nama mata pelajaran tersebut, beberapa diantaranya Computer Science, Computing, dan ICT.

Kategori Materi Kurikulum Ilmu Komputer CSTA Untuk SD-SMA

Kategori Materi Kurikulum Ilmu Komputer CSTA Untuk SD-SMA

Sejalan dengan perkembangan TIK saat ini, benar bahwa TIK diintegrasikan dalam pembelajaran, dengan tujuan pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran aneka sumber, dan pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu, di mana saja dan kapan saja, dan dengan siapa saja serta. Penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar memungkinkan proses pendidikan yang lebih interaktif dan membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di era digital ini, yaitu ICT literacy, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis dan problem solver. Untuk memperoleh informasi tentang struktur kurikulum nasional di negara-negara yang saya sebutkan di bawah, saya menelusurinya dari web resmi kementerian pendidikan (minister of education).

Kurikulum Computer Science CSTA

ACM (Association for Computing Machinery) melalui CSTA (Computer Science Teacher Association) atau Asosiasi Guru Ilmu Komputer, telah membuat kerangka standar kurikulum Computer Science (Ilmu Komputer) untuk K-12 (TK-SMA) dan telah digunakan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Standar CSTA dikembangkan dan disempurnakan melalui proses kajian yang melibatkan guru, dosen, peneliti, dan spesialis kurikulum dari semua tingkatan pendidikan. Standar CSTA menyediakan 3 level framework kurikulum ilmu komputer. Level 1 (TK-kelas 6) mengajarkan dasar ilmu komputer, level 2 (kelas 6-9) bertopik ilmu komputer dan komunitas, level 3 (kelas 9-12) menerapkan konsep dan menciptakan solusi dunia nyata. Saya pernah menuliskan kurikulum ini di Standar Kurikulum Ilmu Komputer CTSA-ACM Jenjang SD-SMA (K-12) Sebagai Pembanding Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran TIK di Kurikulum 2013.

Kurikulum Computer Science Inggris

Terkait kebijakan reformasi kualifikasi dan kurikulum ICT di inggris untuk mempersiapkan siswa di kehidupan setelah sekolah (Education Secretary Michael Gove – 22 January 2014), – memperkenalkan kurikulum komputasi. – disusun bukan oleh birokrat tetapi oleh para guru dan pakar, dipimpin oleh British Computer Society dan Royal Academy of Engineering, dengan masukan dari para pemimpin industri seperti Microsoft, Google dan pemimpin dalam industri game komputer. – di kurikulum baru mengajarkan anak-anak tentang ilmu komputer, teknologi informasi, dan literasi digital: mengajar mereka bagaimana membuat kode (koding), dan bagaimana untuk membuat program mereka sendiri; bukan hanya bagaimana bekerja dengan komputer; tapi bagaimana komputer bekerja, dan bagaimana membuatnya bekerja untuk kita.

Kurikulum Digital Technology Australia

Australia mengintegrasikan TIK dalam kurikulumnya, namun ada mata pelajaran Teknologi Digital.

  • Pengetahuan dan pemahaman Digital Technologies – komponen sistem informasi data, dan sistem digital (hardware, software dan jaringan)
  • Digital Technologies proses dan keterampilan produksi – menggunakan sistem digital untuk menciptakan ide-ide dan informasi, dan menentukan, merancang dan mengimplementasikan solusi digital, dan mengevaluasi solusi tersebut dan sistem informasi yang ada terhadap kriteria yang ditetapkan.

Kurikulum Computer Applications Singapura

Siswa memahami bagaimana menggunakan perangkat lunak seperti pengolah kata, pengolah gambar, multimedia presentasi, data tabulasi dan grafik, dan aplikasi Internet.

Selain beberapa kurikulum yang sudah saya sebutkan di atas, terdapat kurikulum ICT Korea, kurikulum ICT Canada, kurikulum ICT India, kurikulum ICT Hongkong, dan kurikulum ICT Serbia. Namun karena keterbatasan waktu dan situasi yang tidak memungkinkan, maka saya tidak menuliskannya. Tulisan ini berwujud draft dan seharusnya saya posting sejak tahun lalu 🙂